Enter your keyword

Selasa, 01 Oktober 2013

Apakah Binatang Mengalami Orgasme ?


Apakah binatang juga mengalami orgasme? Sangat sulit untuk diketahui. Sebab, menurut Marlene Zuk, profesor ekologi, evolusi dan perilaku di University of Minnesota, para ahli sendiri masih meneliti pentingnya orgasme di pihak wanita. Tidak seperti manusia, binatang tidak bisa memberitahu apakah mereka merasakan orgasme atau tidak.

Kita hanya bisa berspekulasi bahwa binatang jantan mengalami orgasme, sebab terjadi ejakulasi. Tetapi, untuk mamalia betina masih didebatkan walau semua mamalia betina punya klitoris. Ilmuwan juga hanya berspekulasi bahwa orgasme pada binatang hanya bisa diketahui dari perilaku fisik dan perilaku seperti dari kontraksi otot atau perubahan vokal. Studi di primata adalah yang paling dekat. Penelitian di Roma oleh Alfonso Troisi menunjukkan bahwa lebih gampang menstimulasi orgasme di primata betina.

Sementara itu pada penelitian lain di Oklahoma, psikolog William Lemmon dan mahasiswanya, Mel Allen, berpendapat bahwa simpanse betina merasakan orgasme yang sama seperti yang dialami manusia perempuan. Sepertinya untuk primata sudah jelas tetapi bagaimana dengan binatang lain? Sejenis burung bernama red-billed buffalo weaver dianggap bisa terlihat sedang orgasme, menurut Tim Birkhead, profesor di Sheffield University Department of Animal and Plant Sciences.

Tetapi patut dicatat bahwa binatang lain hanya memiliki insting berkembang biak. Sehingga, bisa jadi kalaupun bisa mengalami orgasme, mereka tidak akan merasakannya secara ekstatik layaknya pada manusia. Untuk lumba-lumba sendiri pernah dilaporkan bahwa mamalia laut ini sering masturbasi tanpa ejakulasi. Tetapi, apakah ada orgasme masih sulit dibuktikan, sebab belum ada penelitian pada otak lumba-lumba. Sayangnya penelitian orgasme pada binatang semakin jarang sebab kini meneliti manusia lebih mudah dengan peralatan yang ada dan apakah binatang benar-benar orgasme sebenarnya masih misteri sebab para ahli hanya mampu melihat perilaku luarnya saja.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular